Burung Murai Papua

Burung murai papua juga populer dengan sebutan irian jaya. Sama halnya seperti burung kicau lainnya, suara burung tersebut sangat merdu ditambah ciri khasnya yaitu bulu hitam di sekujur tubuh. Tak hanya itu, ciri khas lainnya adalah pada bentuk ekor. Burung ini punya bentuk ekor yang tampak melebar di bagian ujung, sehingga tampak seperti ada beban di bagian ujungnya.

Ciri Ciri

Jika Anda hendak merawat burung murai papua dan penasaran bagaimana ciri-ciri burung tersebut, berikut informasi yang bisa Anda simak.

Bulu – Burung ini punya bulu di bagian tubuh berwarna hitam. Kemudian, di bagian ujungnya tampak berwarna hijau berminyak.

Ekor – Bagian ekor burung tersebut tampak memanjang, lalu meluas. Sedangkan di bagian ujungnya tampak berwarna hitam sedikit kehijauan.

Mata – Burung ini punya warna mata gelap, ditambah biru sehingga tampak kebiruan.

Sayap – Pada bagian sayap, burung tersebut tampak bersayap hitam, namun di bagian ujungnya sedikit kehijauan.

Bagian tubuh lainnya – Di bagian paruh, dahi, dan kaki, burung tersebut tampak berwarna hitam pekat.

Kelebihan dari burung ini adalah karena masuk dalam jenis burung langka. Bahkan, burung tersebut juga termasuk dalam burung yang sudah hampir punah. Karena kelangkaannya, maka burung ini dibanderol cukup tinggi di pasaran.

Cara Merawat Burung Murai Papua

Untuk memelihara burung murai ini, atau yang dikenal dengan burung tangkar centong, maka ada beberapa tips yang harus diperhatikan. Pertama, bersihkan kandang secara rutin agar tidak ada sisa makanan juga kotoran. Kemudian, tempat pakan atau minum juga harus sering diganti supaya tidak ada lumut dan jamur. Sedangkan untuk pemberian pakan dan minum harus yang berkualitas. Bagiamana pakan dan minum yang berkualitas? Anda harus benar-benar memperhatikan komposisi. Terakhir, jangan lupa untuk memandikan burung lalu menjemurnya dengan rutin, yaitu dua kali sehari.

Kabar Terkait :  3 Cara Cari Burung Murai Batu Medan Asli Super Anda Wajib Tahu

Harga Terbaru Burung Murai

Untuk harga, tergantung dari burung itu sendiri. Misalnya, jika anakan, harga paling murah adalah anakan betina yaitu sekitar 650.000 Rupiah. Sedangkan anakan jantan bisa tembus hingga Rp. 800.000. Sedangkan untuk burung murai dewasa, harga paling rendah sekitar Rp. 1.700.000 hingga yang paling mahal yaitu Rp. 2.000.000