Gantangan Top Ten yang terletak di tengah pepohonan Jati, kecamatan Sepulu Kabupaten Bangkalan ini terbilang salah satu gantangan tertua di Kabupaten Bangkalan.

Berdiri sudah belasan tahun sebagai wadah dan tempat kicau mania untuk mengasah kemampuan burung kesayangan kicau mania.

Demi tetap menjaga kenyamanan Kicau mania yang sudah nyaman dan srek berlomba di gantangan Top Ten ini, H. Fattah, selaku Pemilik dan Pengelola gantangan Top Ten memang selalu berusaha memaksimalkan upaya upaya perbaikan, terutamanya perbaikan di sektor fasilitas gantangan.

Dimulai sejak hari senin tanggal 27 Sep 2021 lalu, selepas menggelar acara Spesial September Top Ten, Gantangan Top Ten sudah mulai dikerjakan proses renovasinya.

Pembongkaran Atap Lama

Untuk kali ini, renovasi hanya dilakukan pada bagian atap gantangan. Yang awalnya hanya menggunakan penutup berbahan Terpal, kali ini diganti dengan atap yang jauh lebih kokoh, yakni atap berbahan Galvalum (Baja Ringan yang dilapisi Aluminium, Silikon dan Seng.

Gotong Royong dilakukan oleh sejumlah panitia, Juri, dan Kicau Mania

Perihal renovasi atap tersebut memang cukup beralasan bagi H. Fatttah. Sebab atap sebelumnya memang sudah banyak yang bocor, robek, ataupun rusak termakan usia. Selain dari sisi penampilan memang kurang rapih dan menarik, Yang lebih sering terjadi saat hujan datang, tak jarang air yang terjatuh dari atap yg bocor sempat menjatuhi sangkar burung, yang berakibat mengganggu kinerja burung yang berlomba dan mengganggu perjalanan lomba.

Maka tak heran, meski dengan biaya secukupnya yang diambil dari uang kas hasil kegiatan Gantangan Top Ten tersebut, H. Fattah tetap berusaha samaksimal mungkin apapun caranya.

” Ya, ini memang demi kenyaman Kicau Mania juga, selain memang mengganggu burung yang digantang, pasti juga mengganggu kinerja Juri yang bertugas, bisa dibayangkan kan, saat menilai burung dan menoleh keatas, tiba tiba air jatuh ke Jurinya juga, kan kasian” pungkas H. Fattah sambil tertawa.

Gotong Royong dilakukan oleh sejumlah panitia, Juri, dan Kicau Mania

 

Bersama Demi Kenyamanan Kicau Mania di Gantangan Top Ten

Proses renofasi Atap tersebut juga dibantu oleh Maklum (Juri BnR), Mayuli (Panitia Top Ten), Sugimo (Kicau Mania) dan sejumlah rekan rekan yang lain.

Kabar Terkait :  4 Lapangan, Tidak Menerima Kicau Mania yang PHP - Walikota Probolinggo Cup 3

Selain itu, H. Fattah juga memperbaiki Papan Poin yang sering digunakan Juri BnR untuk penilaian kelas burung Lovebird dan Trucukan. Kemudian akan melakukan perbaikan juga di bagian ruang Panitia dan Juri, namun untuk sektor lain selain Gantangan akan dilakukan secara bertahap.

Kegiatan penggantian Atap tersebut memang sempat meliburkan kegiatan Latberan yang rutin digelar setiap hari Rabu kemaren. Namun direncanakan, sebelum hari Sabtu sudah Rampung, sehingga kegiatan di Gantangan Top Ten sudah bisa dilaksanakan lagi terhitung mulai hari Sabtu 02 Okt 2021 dan seterusnya.

Proses pengerjaan sudah 80%