Cara Setting Dan Merawat Burung Balibu

Lovebird Balibu  juga disebut Baby atau Paud bisa disetting agar bisa ngekek ketika di arena lomba. Merawat jenis lovebird ini untuk digantangkan juga tidak boleh sembarangan. Usia idealnya adala 2,5 bulan. Di usia tersebut, lovebird tersebut juga sudah siap narik narik dan bahkan bisa dilatih ngekek.

Gantangan jenis lovebird ini memang unik dan bahkan bisa disebut menantang. Lovebird Anda bisa memperoleh bendera kuning atau sama dengan 15-20 poin jika mampu ngekek selama 1 detik. Berikut beberapa tips settingan burung Lovebird Balibu yang harus Anda ketahui.

Panduan Perawatan Lovebird Paud

Pertama, lakukan pengembunan karena hampir semua jenis lovebird suka embun pagi. Kegunaan pengembunan adalah untuk menyegarkan batin dan membantu kesehatan nafas burung. Lakukan pengembunan setelah sholat subuh hingga jam 7 pagi.

Kedua, jemur untuk kebugaran lovebird, dilanjut dengan pengumbaran untuk menjaga kestabilan birahi. Terakhir, mandikan dengan metode semport. Jika tidak, gunakan cepuk.

Cara Setting Lovebird Balibu

Ketika hendak mengikuti lomba di H-3, asingkan burung tersebut supaya bisa langsung ngekek ketika melihat lawan di gantangan. Namun, Anda juga harus tetap melakukan perawatan di atas secara rutin. Di H-2, cobalah untuk full krodong burung tersebut. Kemudian, embunkan dan jemur sekitar 15 menit saja sebelum berlanjut mandikan burung.

Untuk cara setting tunggal di H-1, embunkan lovebird Anda dan lanjut jemur sekitar 15 menit. Jangan lupa untuk memberikan waktu 10 menit diangin-anginkan sebelum lanjut full krodong kembali. Di H-1 juga Anda harus memandikan burung tersebut di malam hari. Selesai mandi, beri lovebird tersebut kangkung atau jagung sesuai kesukaan. Di hari H, embunkan lovebird Anda dan barulah sesampai di arena gantangan, buka krodong. Biarkan ia narik-narik ngekek dan tutup krodong sampai giliran main tiba.

Kabar Terkait :  Tips Perawatan Love Bird Mabung Yang Tidak Boleh Diabaikan

Memang, untuk melakukan settingan pada lovebird atau melakukan perawatan pada burung lovebird paud ini gampang-gampang susah. Dibutuhkan kesabaran yang ekstra karena sifat burung yang tampak kekanak-kanakan, dan bahkan suka mengulur-ulur waktu ketika digantangkan. Karena Balibu adalah lovebird anakan, maka sifat fighter atau latahnya juga membutuhkan waktu untuk bisa keluar.

1 COMMENT

Comments are closed.